January 28, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Langkah Awal Membangun Usaha Toko Handphone dan Pengelolaannya

3 min read

pexels.com

Di era modern sekarang ini, toko handphone atau telpon seluler (ponsel) memang kian banyak diminati para pencari peluang usaha. Bagaimana tidak, handphone merupakan salah satu barang yang selalu dibutuhkan hampir semua orang.

Seiring dengan kemajuan teknologi, handphone hadir dengan berbagai inovasi baru yang membuatnya semakin canggih. Kegunaannya tidak lagi hanya untuk menelepon atau sekadar saling berkirim pesan. Handphone kini mempunyai beragam fungsi serta memiliki peran yang cukup besar pada kehidupan sehari-hari.

Cara Memulai Usaha Toko Handphone

pexels.com

Bagi seseorang yang jeli melihat peluang usaha, mendirikan toko jual beli handphone atau yang biasa disebut konter handphone tentu cukup menjanjikan. Minat orang untuk membeli barang ini tidak pernah surut mengingat kecanggihannya terus dikembangkan. Bisnis jual beli handphone terbilang berpeluang besar dan tidak ada matinya. Namun meski demikian, bisnis ini tidak selalu menguntungkan.

Setiap mendirikan sebuah usaha, kemungkinan mengalami kerugian dan bahkan gulung  tikar pasti selalu ada, tak terkecuali juga untuk toko handphone. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai usaha konter handphone, ada baiknya perhatikan tips berikut ini agar terhindar dari melakukan kesalahan:

  1. Paham Soal Handphone

Ketika Anda menjual suatu barang, Anda harus paham mengenai barang tersebut termasuk kualitas dan seluk beluknya. Termasuk juga jika Anda ingin membuka usaha jual beli handphone. Minimal ketahuilah beberapa hal mengenai jenis dan keunggulan dari produk yang akan dijual. Sebab tak jarang beberapa konsumen menanyakan jenis apa yang paling bagus ketika bingung memilih.

  1. Selalu Update Barang

Selalu saja ada handphone jenis dan model terbaru yang muncul di pasaran. Jika Anda ingin konsumen tertarik ke konter, Anda harus menyediakan handphone terbaru atau yang sedang tren tersebut. Karena itu, Anda tidak boleh ketinggalan mengikuti info-info mengenai update-an barang. Namun tetap perhatikan juga kualitas barang tersebut agar Anda tidak merugi.

  1. Selalu Update Harga

Harga jual handphone atau barang elektronik lainnya memang tidak selalu stabil. Harga ini akan naik turun seiring dengan kuat lemahnya kurs dolar. Untuk itulah, agar Anda tidak merugi atau menjual handphone dengan harga terlalu mahal, Anda harus update dan mengikuti perkembangan harga terkini.

  1. Perhatikan Anggaran

Modal untuk membuka usaha jual beli handphone tidaklah sedikit. Oleh sebab itu Anda harus mempersiapkan secara matang mengenai anggaran dan hal penting lainnya. Dalam hal ini, pemilihan barang dengan penyesuaian harga sangat perlu diperhatikan agar terhindar dari kerugian.

  1. Cari Agen Terpercaya

Pilihlah supplier atau agen besar di mana pasokan handphone tersebut benar-benar tersedia. Kenali juga barang asli atau palsu seperti apa karena beberapa oknum nakal menjual barang tidak original. Handphone asli biasanya bergaransi dan memiliki sertifikat atau nomor ID khusus dari pabrik.

Mengelola Manajemen Usaha Toko Handphone

pexels.com

Dalam sebuah usaha, pengelolaan manajemen bisnis sangat menentukan menjanjikan tidaknya usaha tersebut. Hal ini juga berlaku untuk konter handphone, di mana Anda perlu mengelola manajemen bisnis agar semakin terstruktur. Nah, berikut beberapa manajemen yang perlu diterapkan pada usaha konter handphone:

  1. Pencatatan Keuangan

Di dalamnya termasuk penghitungan modal serta pencatatan setiap pengeluaran dan pemasukan konter. Pencatatan ini meliputi barang masuk dan keluar serta penghasilan dan biaya yang dikeluarkan. Jika Anda menginginkan pencatatan penjualan yang efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir untuk menggantikan cash register manual.

  1. Pengecekan Stok

Persediaan stok barang harus rutin dicek agar tidak kehabisan, di mana nantinya dapat mengganggu proses pelayanan terhadap pelanggan. Terutama jika konter yang Anda buka cukup besar dan barang yang disediakan juga lumayan banyak. Sebaiknya sediakan tempat atau ruangan khusus untuk meletakkan stok barang-barang tersebut agar lebih mudah dilakukan pengecekan.

  1. Service Pelanggan

Berikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang. Bersikaplah ramah dan buat pelanggan merasa senang dengan proses pelayanan di konter handphone Anda. Layanilah pelanggan sebaik mungkin agar mereka puas dan mau datang kembali ke tempat Anda.

  1. Iklan dan Promo

Untuk menarik calon pembeli berkunjung ke konter handphone Anda, buatlah iklan-iklan menarik dan promo tentang produk yang tersedia di tempat Anda. Seperti dengan memasang iklan di sebelah konter handphone atau membuat promo HP yang sedang menjadi tren dan harganya cukup murah.

Terlepas dari usaha membangun bisnis toko handphone yang susah-susah gampang, yang terpenting Anda harus melakukannya dengan semangat. Karena dengan begitu, pengelolaan usaha akan berjalan dengan baik dan konter semakin berkembang.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.