July 5, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Beberapa Cara dan Tips Ternak Murai Batu Dengan Mudah

3 min read

pxhere.com

Akhir-akhir dunia peternakan menjadi salah satu favorit yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya memelihara sebuah ternak murai batu. Burung murai batu memiliki habitat hidup di wilayah Benua Asia seperti Malaysia, indonesia, dan Thailand. Burung murai batu memiliki ciri yaitu berwarna hitam pada bagian bulu dan bagian bawah berwarna orange. Selain itu keunikan burung ini ialah dapat dilihat dari gaya kicauannya yang merdu. Selain itu burung murai batu akan memainkan tante ekor yang melawan ketika berkicau.

Selain itu murai batu juga memiliki daya jual yang tinggi. Banyak orang melakukan ternak pada burung tersebut untuk mengambil keuntungan. Selain itu burung murai batu juga sangat digemari oleh para penghobi kicau mania. Jenis murai batu yang paling sering dicari ialah berasal dari hutan Sumatera atau Lampung. Jenis dari hutan tersebut memiliki sebuah lengkingan suara yang baik dan sering memenangkan kejuaraan. Peternak murai batu akhir-akhir ini salah satu bisnis yang sangat menggiurkan.

Dengan harganya yang terus-menerus menanjak banyak sekali orang yang beralih melakukan bisnis peternakan burung Murai Batu. Berdasarkan pengalaman orang yang beternak cara yang bisa dilakukan memiliki tahap yang banyak. Inilah beberapa tips ternak murai batu yang bisa anda lakukan di rumah. Contoh ketika melakukan ternak murai ada konsekuensi dan kesulitan ketika menjalankan bisnis tersebut.

pxhere.com

Keberhasilan usaha burung ternak tidak lepas dari pengetahuan yang anda miliki ketika melakukan siaran langsung. Pemahaman dan wawasan yang luas akan membantu anda dalam melakukan ternak secara sukses. Berikut beberapa cara tips yang bisa anda lakukan ketika amir melakukan ternak secara baik. Pertama, yang harus dilakukan ialah menentukan sebuah lokasi kandang pada murai batu tersebut.

Karena ganteng memiliki fungsi dalam memudahkan peternak murai batu untuk pemberian makan, minum, perkawinan, dan pengelolaan kotoran yang baik. Umumnya sebuah penangkaran murai batu berada di luar rumah. Seperti di lahan yang kosong dekat rumah atau di samping pekarangan. Faktor penting yang harus anda ketahui adalah tempat dijadikan benda harus memiliki suasana yang cukup tenang dan cara ada gangguan serius.

Selanjutnya Anda harus menentukan sebuah ukuran kandang pada mp3 murai batu. Ukuran kandang dari burung tersebut perlu diperhatikan karena akan berdampak pada produktivitas dan kesehatan nantinya. Semua harus diperhitungkan secara tepat dan akurat. Ukuran kandang yang terlalu besar juga akan membuat murai batu melakukan aktivitas tinggi.

Sedangkan jika terlalu kecil maka murai batu akan tidak berkembang dengan baik atau stres. Selanjutnya Anda harus mengetahui peralatan pendukung pada kandang murai batu. Perlengkapan kandang murai batu harus memiliki peran yang mendukung pemeliharaan penangkaran burung. Perlengkapan lain yang harus disiapkan adalah  terkait tempat makan dan tempat minuman pada murai batu. Untuk tempat bersarang peternak harus dapat menggunakan barang bekas seperti baskom plastik yang kecil.

Sehingga murai batu dengan nyaman melakukan aktivitas bertelur dengan baik. Setelah semuanya berjalan dengan baik. Anda harus memastikan cara pemberian pakan murai batu dengan benar. Pakan merupakan salah satu faktor terpenting dalam melakukan ternak murai batu. Agar nutrisi terpenuhi maka anda harus melakukan pakan yang masih segar dan bervariasi. Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan sebuah bisnis ternak murai batu. Semua harus melalui proses yang konsisten Jika anda ingin meraih keuntungan banyak.

unsplash.com

Tips Dalam Melakukan Perawatan Pada Kandang Murai Batu

Penjaga sekolah kebersihan kandang dalam melakukan peternakan murai batu merupakan salah satu hal yang cukup penting. Selain itu murai batu akan merasa lebih nyaman ketika terhindar dari kotoran di dalamnya. Inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan pada kandang murai batu. Pertama Anda harus membersihkan tempat makan dan minum setiap hari. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan produktivitas murai batu. Lalu setiap pagi,

Pakan dan air minum harus diganti dengan yang baru. Sisa air minum atau pada makanan yang belum habis tentu harus dibuang. Hal ini untuk menjaga kebersihan pakan yang akan di konsumsi oleh murai batu. Selanjutnya Anda harus memperhatikan kotoran pada murai batu tersebut. Tempat penampungan kotoran burung batu harus dibersihkan minimal 2 kali dalam sehari.

unsplash.com

Hal ini untuk menjaga kesehatan pada tubuh murai batu sehingga tetap memberikan yang terbaik. Setelah kotoran dibuang maka sangkar bisa anda cuci lalu disterilkan dengan desinfektan atau obat anti kuman lainnya. Setelah dicuci bersih lalu keringkan di bawah terik sinar matahari. Jangan lupa pada tempat tangkaran burung murai batu harus dibersihkan minimal 4 kali sehari.

Untuk tempat Tenggeran letakkan di dalam kandang melalui posisi yang tepat sehingga tidak mengganggu keleluasaan murai batu untuk beraktivitas. Selain itu tempat pakan dan air minum harus dijaga dan distrerilkan dari bahan kimia saat akan digunakan. itulah beberapa tips ternak murai batu dan cara perawatan kandangnya. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam melakukan ternak secara sukses.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.