September 27, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Tips Supaya Bunga Durian Tidak Rontok

2 min read

Menanam tanaman tertentu, apalagi buah-buah terkadang memang membutuhkan perawatan yang lebih sulit supaya dapat menghasilkan buah yang berkualitas dan jumlahnya melimpah. Indonesia merupakan negara subur yang bisa digunakan menanami pohon-pohon buah. Jadi, tidak heran jika banyak petani buah di Indonesia.

Bahkan beberapa petani tersebut sudah berhasil memasarkan hasil panennya ke luar negeri. Tentu saja hal tersebut menjadi prestasi yang luar biasa. Salah satu jenis buah yang menjadi primadona bagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah durian. Banyaknya petani durian membuat buah ini mudah ditemukan ketika sedang musimnya.

Membudidayakan buah durian sebenarnya susah-susah gampang. Pada jenis durian tertentu tidak membutuhkan banyak perawatan khusus. Akan tetapi, lain halnya dengan membudidayakan durian jenis lainnya. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh petani durian adalah bunga durian yang rontok ketika sedang tumbuh.

Tentu saja bunga durian yang rontok ini membuat buah durian menjadi gagal tumbuh dan mengurangi hasil panennya. Oleh karena itulah, banyak petani yang berusaha mencari cara agar bunganya tidak rontok terlalu banyak atau bahkan tidak sama sekali. Berikut ini adalah beberapa tips supaya bunga durian tidak rontok.

  1. Rajin Menyiram Pohon

Pastikan jika Anda tidak lupa untuk menyiram pohon dengan rutin karena pada saat berbunga, pohon lebih banyak membutuhkan air dan juga nutrisi. Namun, perlu diperhatikan jika agar volume air yang digunakan tidak berlebihan.

  1. Disarankan Tidak Hanya Menanam Satu Tanaman

Untuk meminimalisir terjadinya gagal panen, disarankan untuk menanam lebih dari satu pohon. Selain itu, cara ini juga akan membantu pohon melakukan penyerbukan silang secara alam dan dapat menurunkan jumlah bunga yang rontok.

  1. Memberikan Nutrisi pada Pohon

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, ketika bunga durian sedang mekar, maka pohon lebih membutuhkan banyak nutrisi sehingga harus dipenuhi dengan baik. Anda dapat melakukan pemupukan untuk memberikan tambahan nutrisi tersebut.

Itulah penjelasan mengenai tips supaya bunga durian tidak rontok dan bisa tumbuh menjadi buah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.