July 5, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Tips Membangun Kandang Sapi Modern Litbangtan

2 min read

pexels.com

Sapi potong merupakan usaha peternakan yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Usaha ini menghasilkan keuntungan bak durian runtuh pada musim lebaran seperti Idul Adha. Meski menghasilkan keuntungan yang cukup besar, namun usaha sapi potong hanya dijadikan usaha sampingan bagi sebagian orang.

Kebanyakan peternak sapi membiarkan ternaknya berkembang secara ekstensif. Ternak lebih dibiarkan berada di padang rumput dan sedikit waktu berada di kandang. Hal ini justru membuat sistem makan, minum, serta berkembang biak sapi tidak teratur. Hal ini dapat diatasi dengan membangun kandang sapi modern bernama Litbangtan.

Pemisahan Kandang

Secara garis besar, kandang sapi model Litbangtan adalah jenis kandang yang berisi beberapa sapi dalam satu kandang dan bersifat dilepas. Kandang seperti ini sangat cocok untuk pembibitan maupun penggemukan. Ciri khas dari kandang model Litbangtan adalah adanya pemisahan kandang menurut fungsinya seperti kandang kawin, kandang indukan bunting, dan kandang pembesaran. Adapula kandang beranak yang bersifat individu dan diperuntukkan untuk induk yang akan melahirkan.

Kepadatan Kandang

Kepadatan kandang sangat memengaruhi perkembangan dan kondisi kesehatan ternak. Semakin padat kandang dengan ternak maka akan membuat kandang becek dan kotor. Oleh karena itu, rasio kepadatan kandang adalah 1:15. Satu kandang berisikan 15 ekor sapi. Selain itu, ukuran untuk setiap satu sapi dewasa sekitar 3m2 dan untuk sapi pembesaran sekitar 2,5m2. Kepadatan kandang ini pun sudah cukup ideal untuk kotoran sapi mengalami dekomposisi selama 2-3bulan. Sehingga saat dikeluarkan kotoran tersebut telah berubah menjadi kommpos siap pakai.

Pakan dan Minum

Hal yang menarik dari model kandang ini adalah adanya bank pakan berupa tumpukan rumput, jerami, dsb. Adanya bank pakan juga meningkatkan efisiensi kerja para peternak karena bank pakan merupakan penerapan sistem pemberian makan ad libitum. Ad Libitum berarti ternak bisa makan kapanpun tanpa harus menunggu peternak memberikan pakan. Selain itu, tempat pakan dan minum dibuat berbentuk palungan di sisi luar kandang untuk memudahkan sapi makan kapan saja.

 

More Stories

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.