January 28, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Tipe-Tipe Mesin Espresso

2 min read

pxhere.com

Deskripsi

Ketika berkunjung ke sebuah coffe shop maka akan terpampang nyata sebuah mesin espresso. Terkadang di setiap tempat mesin espresso tersebut berbeda-beda bentuknya.

Artikel

Mesin Espresso berasal dari Italia. Dan nama espresso sendiri pun berasal dari Itali juga yang berarti express atau cepat. Memang penyajian kopi espresso dibuat dan disajikan sesegera mungki kepada pelanggan.

Abad ke-19 mulai berdiri cafe-cafe dan permintaan kopi pun membludak. Lambatnya proses penyuduhan kopi tentunya menjadi maalah. Sebab pelanggan harus mengantri dan lama menunggu kopi mereka. Hal tersebut membuat orang-orang Eropa bereksperimen, dan tercipta mesin espresso yang saat ini biasa digunakan para barista.

Tipe-tipe mesin espresso

Ada berbagai macam tipe mesin espresso yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum anda membelinya. Berikut beberapa mesin espresso:

  1. Mesin Espresso Superotomatis

Mesin espresso superotomatis ini dapat menggiling, memadatkan, dan mengekstrak kopi menjadi espresso secara otomatis. Secara tidak langsung tugas barista dapat digantikan oleh mesin ini.

Cara penggunaannya pun sangat simpel cukup menekan tombol yang ada sesuai dengan keperluan. Contoh merk mesin espresso superotomatis yaitu Delonghi dan Jura.

  1. Mesin Espresso Otomatis

Mesin espresso otomatis ini juga biasa disebut pod cofee. Desainnya pun terbilang cukup baru di dunia perkopian. Cara menggunakannya pun tidak ribet karena menggunakan teknoogi canggih.

Mesin pod coffe ini sebenarnya tidak cocok untuk dijadikan mesin di warung kopi. Tapi sangat cocok digunakan untuk di rumah ketika sedang santai dan menikmati pagi. Contoh untuk merek mesin espresso otomatis yaitu Dolce Gusto dan Nespresso harganya sekitar 2-3 juta rupiah tergantung dari tipenya.

  1. Mesin Espresso Manual

Mesin espresso manual desainnya elegan dan klasik yang sangat sesuai dengan fungsinya. Mesin ini namanya saja manual maka kendalinya 100% oleh pemakainya.

Pemakainya harus menakar, menggiling biji kopi sendiri, tamping, mengatur suhu dan tekanan, dan mengatur sendiri berapa lama prose ekstraknya. Alangkah lebih baik mesin manual ini tidak digunakan untuk coffe shop sebab barista akan kewalahan ketika melayani pelanggan. Apalagi jika sedang ramai.

Demikian beberapa tipe mesin espresso yang bisa menjadi pilihan anda baik untuk digunakan dirumah maupun untuk memulai warung kopi.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.