November 24, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Sate Ayam, Kuliner Indonesia yang Lezat dan Mendunia

4 min read

pexels.com

Sate merupakan salah satu kuliner Indonesia yang termasuk sebagai 50 kuliner terlezat di dunia. Sate merupakan makanan yang dibuat dari daging yang dibakar kemudian diberi saus atau bumbu. Beberapa daging yang sering digunakan sebagai bahan sate adalah daging ayam, sapi, kambing, dan kelinci. Sate merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Jawa. Akan tetapi asal usul sate tidak terlepas dari pengaruh pedagang Arab dan India.

Pedagang Arab yang melakukan perdagangan ke pulau Jawa juga membawa kuliner khas mereka. Pada mulanya, masyarakat Indonesia memasak daging hanya dengan cara direbus. Akan tetapi, setelah pedagang Arab membawa salah satu masakan mereka yaitu kebab, masyarakat Indonesia mulai memasak daging dengan cara dibakar. Akhirnya terciptalah kuliner sate yang legendaris. Sate banyak ditemukan di seluruh kota yang ada di Jawa. Oleh karena banyak orang Jawa yang melakukan perantauan ke tempat dan negara lain, sate mulai dikenal sebagai makanan yang mendunia. Kamu bisa menemukan sate di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Salah satu daging yang sering digunakan sebagai bahan sate adalah daging ayam. Ada banyak variansi sate ayam yang ada di Indonesia. Setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing terkait resep sate ayam. Oleh karena itu, jenis sate ayam di Indonesia lebih dikenal dengan nama daerah masing-masing. Salah satu jenis sate yang paling populer adalah sate ayam Madura. Sate ini terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan campuran kecap manis, gula jawa, bawang putih, dan bawang goreng. Untuk menikmati sate ayam Madura, biasanya dilengkapi dengan bumbu kacang, lontong, dan saus sambak kecap.

Variansi sate ayam yang terkenal lainnya adalah Sate Padang. Mulanya, sate padang ini dibuat dari daging kambing atau sapi. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman, sate Padang juga dibuat dari daging ayam. Berbeda dari sate Madura yang disajikan dengan saus kacang, sate Padang disajikan dengan saus kuah kuning. Saus ini terbuat dari campuran tepung beras, kaldu daging, dan beberapa rempah-rempah lain.

pexels.com

Resep Membuat Sate Madura di Rumah secara Praktis dan Mudah

Jika kamu ingin menikmati sate Madura sebagai kudapan untuk sarapan atau makan siang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan membuat sate Madura adalah daging ayam (bagian dada), kacang tanah, air, dan kecap manis. Sementara itu, bahan untuk bumbu halus adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe rawit, garam, gula merah, dan daun jeruk purut. Bahan untuk taburan adalah bawang merah mentah dan cabe rawit.

Untuk membuat sate Madura, daging ayam yang telah dibersihkan dipotong menjadi potongan dadu. Setelah itu, bumbui daging dengan garam dan perasan jeruk nipis. Biarkan sebentar agar bumbu meresap ke dalam daging. Untuk membuat saus kacang, sangrai kacang tanah hingga matang. Kemudian, haluskan kacang tanah dengan menggunakan blender atau ditumbuk. Setelah itu, tambahkan gula merah dan campurkan hingga merata.

Untuk membuat bumbu halus, tumbuk bahan-bahan bumbu halus termasuk daun jeruk purut. Setelah itu, tumis bumbu hingga baunya harum. Kemudian, tambahkan air hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan ke dalam tumisan bumbu. Kemudian, tambahkan kecap manis secukupnya dan masak hingga menjadi kental. Setelah itu, ambil saus kecap secukupnya dan tuangkan ke dalam piring. Kemudian, tambahkan kecap manis untuk membuat bumbu sate.

Tusuk daging ayam dengan lidi. Kemudian, celupkan ke dalam bumbu sate yang telah dibuat dan panggang sate hingga matang. Setelah itu, sajikan sate dengan saus kacang yang telah dibuat. Sate ayam Madura siap disajikan. Jika ingin menambah rasa pedas, cabe rawit dan bawang merah mentah bisa ditambahkan ke dalam kecap manis untuk dibuat sebagai sambal sate. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan resep sate yang lain, kamu bisa mencarinya di click here.

pexels.com

Resep Membuat Sate Padang yang Gurih

Sate Padang merupakan salah satu varian sate ayam yang terkenal di Indonesia setelah sate ayam Madura. Sate Padang ini disajikan dengan menggunakan kuah kuning yang khas. Bahan-bahan yang diperlukan adalah daging ayam (terutama bagian dada), batang sereh yang telah digeprek, daun jeruk, daun kunyit, dan lengkuas. Bahan untuk membuat bumbu halus adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, jahe, kayu manis, pala, ketumbar, jinten, lada, bubuk kari, kunyit bubuk, bunga lawang, kapulaga, garam, gila, dan kaldu jamur, air, dan tepung beras yang dilarutkan dengan air.

Cara membuat sate Padang cukup mudah. Bahan bumbu halus ditumbuk hingga halus. Kemudian, masukkan sereh, daun jeruk, daun kunyit, lengkuas, bunga lawang, dan kapulaga. Setelah itu, tumis sebentar dan masukkan garam sedikit. Setelah itu, masukkan ayam ke dalam bumbu dan diungkep hingga daging ayam matang.

Daging ayam yang matang disisihkan dari bumbu. Simpan bumbu untuk dibuat sebagai kuah kuning sate. Daging ayam kemudian dipotong-potong menjadi kotak dan ditusuk dengan sate. Setelah itu, daging sate ayam dipanggang sebentar hingga matang. Sisa bumbu dimasak dengan air dan tambahan tepung beras. Setelah itu dibumbui dengan garam, kaldu, dan garam. Setelah matang, tuangkan ke atas sate ayam. Masakan sate ayam Padang siap disajikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.