January 28, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Profil Kabupaten Karawang

2 min read

pickupimage.com

Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten tertua yang ada di Provinsi Jawa Barat. Iya pasalnya memang Kabupaten Karawang sendiri tercatat telah diresmikan sejak 1633 M dengan ibukota di Karawang. Kabupaten Karawang memiliki luas sekitar 1.727,30 km persegi dengan jumlah penduduk yang mencapai 2.070.356 jiwa pada tahun 2007 lalu.

Masyarakat di Kabupaten Karang pada umumnya menggunakan beberapa bahasa seperti bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Cirebon, Bahasa Betawi, dan sebagainya. Kabupaten Karawang terdiri dari 30 kecamatan dan 309 kelurahan. Kabupaten Karawang memiliki sejarah yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Iya adanya monumen Gempol Ngadeupa yang terletak di Karawang Selatan menjadi sejarah ketika Bung Karno beserta rengrengannya merumuskan Kemerdekaan RI di Rengas Dengklok.

Demografi Kabupaten Karawang

Penduduk Karawang sebagian besar merupakan suku Sunda yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Sedangkan di beberapa tempat seperti di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya sebagian penduduknya menggunakan bahasa Betawi, dan untuk bagian Kecamatan Tempuran, Kecamatan Pedes, Kecamatan Cilamaya Wetan, dan Cilamaya Kulon sebagian penduduknya menggunakan bahasa Cirebon atau Dermayon sebagai bahasa sehari-hari. Penduduk Karawang memiliki mata pencaharian yang sangat beragam, mulai dari bekerja sebagai petani, pembajak sawah, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa daerah ini merupakan salah satu penghasil padi terbesar. Terdapat beberapa tempat yang cukup terkenal di Karawang seperti Mesjid Agung Karawang, Vihara Hiap Thian Kiong, Pusat Pertokoan Jalan Tuparev, Stasiun Karawang, dan Mall Karawang.

Ekonomi di Kabupaten Karawang

Perekonomian sebuah wilayah biasanya bergantung pada letak geografisnya. Seperti halnya Kabupaten Karawang yang menjadi kawasan industri. Terdapat beberapa industri besar disini seperti Kawasan Surya Cipta, Karawang International Industry City KIIC, Kawasan Bukit Indah City, dan sebagainya. Kemudian terdapat beberapa industri strategis miliki negara yang juga berada di Kabupaten Karawang seperti Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia yang mencetak berbagai jenis uang mulai uang logam, uang kertas, serta beberapa dokumen-dokumen berharga seperti pita cukai, paspor, metari, dan sebagainya. Kemudiain di bidang pertanian, Kabupaten Karawang terkenal sebagai salah satu penghasil padi terbesar di Jawa Barat.

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.