December 7, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Perusahaan Alibaba, Raksasa yang Mendunia

2 min read

Jika mendengar kata Alibaba, apa yang segera muncul dipikiran? Nama tetangga? Atau nama sebuah perusahan super besar terkenal yang basisnya berada di China? Baik Alibaba dan Jack Ma sudah tidak asing lagi bagi telinga beberapa orang, terutama orang-orang yang bekerja di bidang bisnis dan semacamnya. Alibaba sendiri adalah sebuah perusahaan e-commerce yang menghubungkan berbagai jenis usaha kecil hingga menengah agar dapat berkembang hingga mungkin dilirik oleh pasar China. Jack Ma sendiri adalah CEO dari Alibaba grup ini. Mungkin beberapa orang beberapa kali melihat video motivasi yang pembicaranya adalah Jack Ma.

Dalam perkembangannya untuk sampai sebesar ini, Alibaba  tidak secara tiba-tiba menjadi perusahaan raksasa yang penjualan sahamnya bahkan menjadi rebutan. Jack Ma sebagai pendirinya pastilah sangat tahu pahit manis dalam pendirian perusahaannya tersebut. Simak kisah lengkap Jack Ma di nuordertech.com.

Awalnya Alibaba merupakan usaha yang dimulai dari apartemen kecil di daerah Hangzhou, China. Usaha tersebut dimulai sekitar tahun 1999. Setahun kemudian, Alibaba mendirikan sebuah kantor di Silicon Valley. Hal unik yang dilakukan Jack Ma adalah pada saat perekrutan tim penjualan yang pertama, bukan pebisnis ulung  yang Jack Ma gandeng melainkan orang muda pedesaan yang berlatar belakang pertanian. Saat itu Jack Ma mengaku bahwa ia belum mampu membayar lulusan dari universitas di China dengan dollar yang tentunya tidak murah. Selain itu, pada masa itu, jaringan listrik di apartemen Jack Ma dan sekitarnya masih belum stabil. Alhasil sering terjadi pemadamana listrik. Hal itu tentu sangat mengganggu proses kerja yang ia lakukan.

Kini perusahaan Alibaba menjadi perusahaan yang sangat terkenal di seantero dunia. Jack Ma bahkan pernah menduduki posisi teratas daftar orang terkaya di China. Namun posisi tersebut belakangan tergeser oleh seseorang bernama Li Hejun. Pada versi majalah Forbes, Jack Ma juga pernah menempati posisi 30 dari 72 orang paling berkuasa di dunia. Pendapatan Perusahaan Alibaba bukan lagi ratusan dollar, nama miliaran dolar yang jika dikonversi ke rupiah akan bernilai triliunan. Wah, sebuah kesuksesan yang luar bias, kan?

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.