November 29, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Pahami, Listeria Lebih Mengancam Kelangsungan Hidup Janin!

1 min read

Bahaya listeria bagi ibu hamil memang patut Anda waspadai. Karena selain membahayakan ibu hamil, listeria juga mengancam keselamatan janin.

Namun, meski demikian, ibu hamil yang terpapar listeria sering kali menunjukkan gejala ringan. Sedangkan janin mengalami dampak yang lebih buruk.

Perlu Anda ketahui, infeksi listeria disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes.  Bakteri ini rentan menginfeksi ibu hamil, mengapa? Karena  sistem kekebalan tubuhnya relatif rendah.

Setelah ibu hamil terpapar listeria, besar kemungkinan janin dalam kandungannya juga ikut terkena. Sebab, listeria juga akan menginfeksi plasenta dan cairan ketuban.

Padahal, plasenta berfungsi untuk memasok oksigen dan nutrisi pada janin. Sedangkan cairan ketuban berperan untuk melindungi janin dari infeksi dan cedera. Jadi, sewaktu-waktu janin bisa mengalami keguguran dan kematian dalam kandungan.

Selain itu, listeria biasanya masuk ke tubuh ibu hamil melalui makanan yang dimakannya. Nah, jenis makanan yang mudah terkontaminasi listeria meliputi sayuran mentah, susu yang tidak di pasteurisasi, serta daging hewan yang tercemar bakteri.

Itulah ulasan tentang bahaya listeria bagi ibu hamil, ternyata tidak seberat dengan apa yang dialami janin yang dikandungnya. Karena bayi yang terpapar listeria berisiko mengalami keguguran dan kematian dalam kandungan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.