September 23, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Nama Ilmiah dan Klasifikasi dari Tanaman Jagung

2 min read

pixabay.com

Jagung adalah tanaman yang banyak di budidayakan di berbagai negara di seluruh dunia. Jagung tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan banyak. Jagung sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang hingga pada akhirnya tersebar di Indonesia ini. Pertama kali jagung tersebar di Indonesia adalah ketika penjajah portugis datang pada abad ke 16 masehi.

Sampai dengan sekarang jagung menjadi salah satu komoditas unggul di Indonesia. Ada banyak petani jagung yang tersebar dari sabang sampai merauke. Zea mays ssp mays merupakan nama latin dari jagung dan pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail mengenai nama ilmiah dan klasifikasi dari tanaman jagung secara lengkap.

Klasifikasi tanaman jagung

Jagung memiliki nama latin zea mays ssp. mays. Jagung sendiri masuk dalam Kingdom Plantae denhan tanpa takson dari Angiospermae, tanpa takson dari  Monokotil, tanpa takson dari Commelinids. Ordo dari jagung adalah Poales dan masuk dalam Famili Poaceae.  Genus dari jagung adalah Zea dengan Spesies Z. mays.

Tanaman jagung masuk dalam kategori tanaman semusim atau annual. Masa pertumbuhan dari tanaman jagung tersebut kurang lebih dari 80 hari sampai dengan 150 hari atau setara dengan 3 bulan sampai 5 bulan. Dari 5 bulan tersebut, paruh pertama dinamakan pertumbuhan vegetatif dan separuh lagi reproduktif.

Tanaman jagung memiliki tinggi yang bervariatif. Pada umumnya tanaman jagung memiliki tinggi sampai dengan 2,5 meter. Terkadang ada pula tanaman jagung kultivar yang bisa mencapai 12 meter tingginya.

Tangkai batang dari tanaman jagung berkisar sekitar 25 cm. Adapun lebar dari helai daun sekitar 9 cm dan panjangnya mencapai 120 cm. Jagung masuk dalam tanaman monokotil dengan akar serabut sepanjang 80 cm ke dalam tanah.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan mengenai nama latin dari jagung beserta dengan klasifikasi tanaman jagung tersebut. Jagung memang menjadi tanaman yang banyak dibudidayakan dan banyak dimanfaatkan dengan diolah menjadi beraneka makanan. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.