November 25, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Mengatasi Pemanasan Global Dengan Mudah

4 min read

pexels.com

Dampak pemanasan global yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya pemanasan global akan terhadap kehidupan manusia dan juga lingkungan sekitarnya.

Karena berbahaya dampak yang bisa ditimbulkan dari pemanasan global. Maka pemanasan global harus secepatnya ditangani ataupun perlu dilakukan penanganan khusus dalam mencegah, mengurangi dampak pemanasan global yang bisa terjadi.

Salah satu penyebab terjadinya pemanasan global adalah masih banyaknya penggunaan bahan bakar fosil yang menyebabkan semakin meningkatnya kadar karbondioksida (CO2) di atmosfer.

Selain disebabkan karena penggunaan bahan bakar fosil, pemanasan global juga disebabkan oleh gas-gas yang ada di atmosfer seperti nitrogen dioksida (NO2), belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO) dan karbondioksida (CO2) yang membentuk efek rumah kaca.

Untuk dapat mengatasi pemanasan global ataupun untuk mendinginkan permukaan bumi perlu melakukan beberapa hal yang dilakukan secara terus-menerus. Bahkan efek dari kegaiatan yang dilakukan untuk mencegah pemanasan global baru bisa terasa setelah beberapa tahun kedepan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ataupun mengurangi efek terjadinya pemanasan global. Dimana cara tersebut akan berhasil jika dilakukan secara terus-menerus oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak informasi berikut ini yang kami kutip dari web Hidupsimpel.

Menekan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Salah satu cara untuk mengurangi ataupun mencegah terjadinya pemanasan global adalah dengan menekan atau mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Pasalnya pembakaran bahan bakar fosil yang dilakukan seperti penggunaan solar dan premium akan menghasilkan gas buang berupa karbondioksida.

Dimana dengan semakin banyaknya gas karbondioksida hal itu akan semakin memperburuk pemanasan global yang sedang terjadi.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menekan penggunaan bahan bakar fosil adalah dengan mengurangi penggunaan alat transportasi yang menggunaan bahan bakar fosil.

Misalnya dengan mengurangi penggunaan transportasi pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum. Bagi yang tidak ingin menggunakan transportasi umum bisa juga menggunakan transportasi lainnya yang tidak mengeluarkan gas buang berupa karbondioksida seperti sepeda.

pexels.com

Gunakan Energi Alternatif

Adapun cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak yang bisa terjadi dari pemanasan global adalah dengan beralih menggunakan energi alternatif. Energi alternatif memiliki banyak manfaat salah satunya bisa digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil.

Misalkan pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil bisa diganti dengan pembangkit listrik tenaga air. Energi alternatif keberadaanya sangat melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal

Adapun beberapa energi alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil antara lain air, sinar matahari serta angin dan masih banyak lagi lainnnya.

Tidak Menebang Pohon Sembarangan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak dari pemanasan global adalah dengan tidak menebang pohon sembarang apalagi menebang pohon yang ada di hutan. Dimana hutan sendiri merupakan paru-paru dunia yang menjadi penyeimbang ekosistem.

Pohon yang ada dihutan berfungsi untuk menangkap gas karbondioksi (CO2). Dimana karbondioksida tersebut merupakans alah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Dengan semkin banyaknya karbondioksida yang berhasil tertangkap oleh pohon yang ada di hutan maka akan dapat meminimalisir dampak pemanasan global.

Karena pentingnya keberadaan pohon yang ada di hutan oleh sebab itu manusia harus menjaga pohon yang ada di hutan dan jangan pernah melakukan penebangan hutan secara sembarangan.

pexels.com

Melakukan Reboisasi

Selain beberapa cara diatas ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pemanasan global yaitu dengan melakukan kegiatan penanaman pohon atau reboisasi. Pasalnya pohon memiliki peran penting dalam mengatasi permasalahan pemanasan global yang sedang terjadi.

Selain berperan besar dalam mengatasi masalah pemanasan global, pohon juga memliki kontribusi yang besar dalam membersihkan udara yang tersemar.

Dengan banyaknya pohon yang ditanam terutama pohon yang berklorofil tentu akan sangat membantu dalam mengatasi masalah pemanasan global. Hal itu karena tumbukan atau pohon yang berklorofil dapat mengolah sinar maahari, air, gas CO2 dan unsur hara lainnnya menjadi bahan organik yang bagus dan menghasilkan oksigen.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa oksigen merupakan salah satu faktor yang berperan besar dalam keberlangsungan kehidupan manusia dan semua makhluk yang ada di bumi. Dengan adanya hal tersebut tentu keberadaan oksigen sangatlah penting. Pasalnya tanpa adanya oksigen banyak makhluk hidup akan mati tanpa terkecuali manusia.

Oleh karena dengan semakin banyaknya pohon yang ditanam atau reboisasi maka semakin besar pula oksigen yang dapat dihasilkan dan semakin besar pula gas CO2 yang berhasil ditangkap untuk mengurangi efek pemanasan global.

Menghemat Listrik

Untuk dapat mengatasi pemanasan global bisa juga dilakukan dengan menghemat penggunaan listrik. Dimana listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Alasan mengapa harus melakukan penghematan listrik adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Pasalnya banyak sekali pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil untuk dapat mengoperasikannnya.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan bahan bakar fosil akan menghasilkan gas karbondioksida. Dimana gas karbondioksida tersebut berperan besar terhadap terjadinya pemanasan global. Dengan banyaknya penggunaan bahan bakar fosil maka hal tersebut sama saja memperburuk pemnasan global yang sedang terjadi.

Pengehematan penggunaan listrik bisa dilakukan dnegn melepas atau mencabut kabel dari sklar atau peralatan yang sedang tidak digunakan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.