January 28, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Jenis-Jenis Kurma Arab Saudi

4 min read

pixabay.com

Menelisik berbagai macam kurma, ternyata banyak juga ya jenis-jenis kurma jika diurutkan berdasarkan daerahnya. Umumnya, buah kurma dinamakan berdasarkan nama daerahnya, semacam kurma california maka ia memang tumbuh dan dipanen di california, kurma arab tumbuh dan dipanen di daerah arab, dan kurma mesir juga tumbuh dan dipanen di daerah mesir.

Di sisi lain, dalam daerah Arab ini sendiri juga masih dibagi beberapa jenis mengenai buah kurma yang terkenal sebab biasa dijamh oleh masyarakat dunia. Mau tahu kurma jenis apa saja yang terkenal dari arab ini? Yuk! Simak penjelasan singkat di bawah ini.

pixabay.com

1. Anbara

Ada salah satu jenis kurma Arab yang dikenal dengan sebutan Anbara. Jadi, buah kurma Anbara ini merupakan buah kurma yang cukup terkenal meskipun tidak seterkenal buah kurma Ajwa. Ya, buah kurma ini memiliki tampilan fisik berukuran sedang.

Namun, jika kmu menggigitnya saja akan terasa betapa tebalnya kurma Anbara ini. Selain buahnya yang tebal, ternyata buah kurma Anbara juga memiliki biji yang kecil di sisi rasanya yang tidak terlalu manis. Jadi, buah kurma anbara ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin sehat secara alami namun tidak begitu menyukai rasa manis.

2. Ajwa

Nama salah satu jenis kurma Arab berikutnya adalah Ajwa. Jadi, buah kurma Ajwa ini merupakan salah satu buah kurma asal Arab yang sangat terkenal dan berada di urutan pertama, yaitu di atas tingkatan kurma Anbara. Jika kamu telisik perbedaan kurma Ajwa dan Anbara, buah kurma Ajwa ini merupakan perbedaan yang sangat menojol dari kurma anbara.

Meski bentuk fisiknya agak sama, ternyaa kurma ajwa memiliki rasa yag begitu manis, beda dengan anbara yang bertolak belakang rasanya manisnya. Selain itu, kurma ajwa juga memiliki tekstur luar yang kering. Namun di sisi tekstur luarnya yang kering ternyata mampu memberikan sensasi lembut pada bagian dalam buahnya.

3. Barhi

Ada jenis kurma Arab Saudi lain yang ternyata dari cara penjualannya saja terbilang sangat unik sebab berbeda dari buah kurma yang lain. Nah! Jika buah kurma pada umunya dijual dengan buahnha saja, kini buah kurma bernama Bahri ini lain cerita. Kurma Bahri dijual sekaligus dengan batang-batangnya yang masih terdapat buah kurmanya.

So, jika kamu melihtnya secara langsung mungkin kamu akan mengira seperti anggur namun pada dasarnya itu adalah kurma. Dalam bentuk tampilannya, kurma Bahri ini memiliki warna yang berbeda dengan kurma anbara dan ajwa. Nah! Memiliki warna cokelat hampir kekuningan adalah ciri khas dari jenis Kurma Bahri.

Selain itu tekatur buah kurma bahri juga renyah dan manisnya memiliki rasa yang hampir mirip seperti karamel. Yups! Karamel merupakan salah satu teman coklat.

pixabay.com

4. Safawi

Jenis kurma Arab Saudi yang lain adalah kurma Safawi. So, kurma Safawi ini merupakan salah satu kurma yang biasa dibudidayakan di daerah Madinah. Dalam ciri-cirinya, kurma safawi memiliki tekatur yang juga sama lembutnya dengan kurma lain. Memiliki warna yang lain, yakni bukan cokelat atau cokelat kekuningan melainkan berwarna hitam.

Selain itu, tahukah kamu jiga kurma Safawi ini memiliki kandungan lain yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh? Ya, kurma Safawi ini memiliki kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Jika dalam kondisi belum makan, kurma Safawi ini juga berperan melawan cacing-cacing yang ada di dalam perut jika kamu mengkonsumsinya saat perut kosong.

5. Saghi

Kurma saghi merupakan salah satu kurma asal Arab Saudi yang terkenal dibudidayakan di daerah Riyadh. Berbeda lagi dari kurma biasanha, kurma Saghai memiliki ciri fisik berupa warna kuning kecoklatan namun cenderung keemasan. Sisi lain dari kurma ini, kamu akan menjumpai buahnya tampak kusut. Namun meskipun demikian, kurma saghai ini juga memiliki ras yang tidak kalah lezat dengan buah kurma lainnya.

6. Sukkari

Salah satu jenis kurma Arab Saudi berikutnya adalah kurma yang bernama Sukkari. Kurma sukkari ini merupakan salahsatu kurma yang di udidayakan di daerah Al-qaseem. Hampir sama seperti kurma anbara, kurma ini ternyata memiliki rasa yang pas. Selain memiliki rasa manis yang pas di lidah, khrma sakkari juga memiliki tekstur yang renyah seperti kurma ruthab.

Tahulah kamu jika kurma sakkari ini memiliki ciri tersendiri? Ya! Kurma sakkari memiliki ciri yakni berupa manfaatnya. Jadi manfaat dari kurma sakkari ini adalah baik bagi tubuh, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah kerusakan pada gigi, dan juga kurma sakkari ini mampu menghilangkan lelah. Juga manfaat lainnya adalah mampu memberikan kelebihan energi pada tubuh sehingga meminimalisir lemas dalam tubuh.

7. Zahidi

Berbeda dengan buah kurma lainnya, dari tampilannya saja kamu dapat menebak buah ini merupakan kurma Zahidi. Ya, kurma zahidi memiliki bentuk oval lain dari biasanya buah kurma umumnya. Selain itu, warnanya juga cenderung berwarna emas. Meskipun tekstur buahnya kering, kurma zahidi memiliki kulit luar yang tebal. Selain itu juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Bagaimana? Sudah tahu tentang beberapa jenis kurma Arab yang terkenal, bukan? So, kamu bisa milih beberapa kurma sesuai selera baik dari segi teksturnya maupun rasanya di toko grosir kurma baik secara online maupun di toko kurma di kota Anda.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.