January 28, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Kuliah Di Korea Selatan

2 min read

pixabay.com

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya dan juga menyediakan banyak tempat wisata. Daya tarik yang dimiliki oleh negara ginseng ini tidak hanya melalui industri K-Pop ataupun dari tren mode yang terus berkembang. Ternyata, Korea Selatan juga mampu menarik perhatian melalui perguruan tinggi yang berkualitas dan cukup terkenal.

Institusi pendidikan tinggi di Korea Selatan dibagi menjadi tiga yaitu universitas swasta yang dinaungi oleh yayasan non profit, pendidikan tinggi yang dikelola oleh pemerintah pusat atau lebih dikenal dengan universitas nasional dan terakhir adalah universitas negeri yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat.

Beberapa universitas berkualitas terbaik yang ada di Korea Selatan diantaranya adalah Seoul National University, Sungkyungkwan University, Korea University dan Korea Advanced Institute of Science and Technology. Beberapa dari universitas tersebut bahkan masuk ke dalam ranking 100 terbaik dunia. Reputasi dan prestasi yang telah dicapai inilah yang kemudian menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu tujuan untuk melanjutkan kuliah.

Apa saja jurusan yang populer di Korea Selatan ?. Jurusan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa asing adalah teknik, sastra serta ilmu murni dan terapan.

Bagi anda yang berminat untuk melanjutkan perkuliahan di Korea Selatan, anda harus menyiapkan kemampuan berbahasa korea yang cukup baik dibuktikan dengan tes TOPIK minimal skala 3. Kemampuan berbahasa korea penting untuk dikuasi agar dapat berinteraksi dan mengikuti perkuliahan tanpa adanya hambatan dalam komunikasi.

Bagaimana dengan biaya yang dibutuhkan selama menempuh perkuliahan di Korea Selatan ?. Untuk biaya kuliah, besaran pengeluaran tergantung dari program yang diikuti, buku pembelajaran atau jenis program kursus yang ditawarkan. Hal yang wajib dimiliki oleh mahasiswa di negara ini adalah asuransi kesehatan.

Selanjutnya terkaiit biaya hidup yang perlu dikeluarkan sepanjang menajalani masa pendidikan. Tentu saja besaran biayanya berbeda dengan di Indonesia. Rata-rata mahasiswa di Korea Selatan membutuhkan 400 .000 won atau sekitat 4-5 juta rupiah. Besaran itu tergantung dari lingkungan tinggal dan juga jenis tempat tinggal yang dihuni.

Bagi mahasiswa Indonesia tersedia 3 jenis akomodasi yang dapat dipilih yaitu asrama yang disediakan oleh universitas, Goshiwon dan Hasukjib.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.