July 6, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Gerakan dalam Teknik Dasar Tenis Meja

2 min read

Teknik dasar tenis meja dilakukan untuk berbagai gerakan dalam permainan tenis meja. Berikut adalah beberapa teknik dasar yang perlu dipahami.

Tekik Dasar Permainan Tenis Meja

  1. Teknik dasar memegang bet
  • Teknik berjabat tangan atau shakehand grip

Cara untuk memegang bet adalah seperti sedang menjabat tangan seseorang. Teknik memegang bet ini lebih sering dijumpai di negara-negara barat.

 

  • Teknik memegang pena atau penholder grip

Cara memegang bet dengan teknik penholder mirip seperti sedangĀ  memegang pena. Cukup populer di Asia dan biasanya untuk permainannya nanti hanya menggunakan satu sisi bet.

 

  1. Teknik dasar siap siaga atau Stance
  • Square stance

Teknik siap siaga sebelum permainan adalah dengan square stance yaitu salah satu posisi badan yang menghadap penuh ke arah meja.

 

  • Side stance

Teknik selanjutnya adalah side stance dengan badan yang menyamping, bisa ke samping kiri atau ke samping kanan dari posisi meja.

 

  1. Teknik dasar gerakan kaki atau foot work

Teknik dasar tenis meja untuk foot work digunakan dengan memperhatikan jarak antisipasi antara bola yang datang dengan jarak atau posisi pemain saat itu. Untuk bola jaraknya cukup dekat biasanya tidak diperlukan gerakan kaki. Namun untuk yang lumayan jauh, maka bisa dengan dua langkah kaki.

  1. Teknik dasar pukulan atau Stroke
  • Push

Push adalah salah satu jenis teknik memukul bola yang dilakukan dengan gerakan mendorong dan posisi bet terbuka.

 

  • Drive

Teknik pukulan ini dilakukan dengan gerakan bet yang dari bawah ke atas.

 

  • Chop

Teknik memukul bola yang terlihat seperti sedang menebang kayu dengan kapak.

 

  1. Teknik dasar Servis

Teknik servis dengan forehand dan backhand yang lurus. Dilakukan dengan cara berpasangan atau berkelompok. Setelah melakukan pukulan servis, pemain bergerak untuk berpindah tempat.

Selain lurus, ada juga teknik dasar servis dengan menyilang. Teknik ini juga bisa dilakukan untuk permainan ganda atau yang berpasangan. Peraturannya sama, yakni pemain bergerak berpindah tempat setelah melakukan servis.

Terakhir adalah teknik dasar servis yang langsung ke sasaran. Servis forehand dan juga backhand ke sasaran peraturannya sama yaitu pemain bergerak setelah melakukan pukulan servis.

Itulah beberapa teknik dasar tenis meja yang menjadi bisa dilakukan untuk permainan yang terbaik.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.