September 26, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Daftar Harga Panel Surya Terbaru Berbagai Merk

4 min read

unsplash.com

Sebagai alternatif penggunaan daya listrik terbaru yang jauh lebih efisien ketimbang penggunaan pembangkit listrik tenaga air atau tenaga uap, keberadaan pembangkit listrik tenaga surya kini mulai ramai digunakan oleh banyak orang. Listrik tenaga surya dapat di aplikasikan di berbagai macam hal seperti rumah, kantor, sekolah atau lainnya.

Untuk bisa menggunakan tenaga surya ini, diperlukan sebuah media yang bernama solar cell. Alat ini berguna untuk menampung daya matahari yang nantinya akan terkonversikan menjadi listrik yang dapat digunakan. Kini terdapat berbagai jenis solar cell yang dapat kalian beli dan digunakan sebagai pembangkit listrik rumah atau apapun yang kalian ingin kan.

Kebanyakan solar cell yang beredar di indonesia merupakan sebuah solar cell yang di impor dari cina. Dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp.13.000 hingga Rp.15.000 untuk per wattnya. Namun kebanyakan solar panel yang di impor dari cina ini belum sepenuhnya terferivikasi sebagai barang yang berstandar nasional indonesia atau SNI.

Kebanyakan solar cell yang di produksi oleh cina ini memiliki efisiensi yang cukup rendah, yaitu hanya sebesar 13% hingga 15% saja. Tentunya jika kalian ingin membeli sebuah solar panel, maka beli lah yang sudah tersertifikasi sni yang sudah dijamin memiliki efisiensi lebih besar dan memiliki kualitas yang lebih baik, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk solar panel buatan dalam negeri sendiri dibanderol dengan harga Rp.22.000 hingga Rp.25.000. Untuk solar panel buatan dalam negeri rata-rata sudah berstandar sni yang tentunya memiliki kualitas dan efisiensi yang lebih baik lagi dibandingkan dengan solar panel buatan luar negeri.

Memang harga solar panel sendiri setiap tahunnya mengalami penurunan harga, dimana pada tahun 2016 dan 2017, solar panel buatan cina sendiri dibanderol dengan harga Rp.18.000 sedangakan untuk solar panel buatan dalam negeri dibanderol dengan harga Rp.28.000. Memang pada waktu itu harga solar panel masih terbilang cukup mahal, sehingga pada waktu itu penggunaan solar panel belum sepopuler pada saat sekarang ini.

Untuk kalian yang sedang mencari solar panel yang akan kalian gunakan untuk beberapa macam kebutuhan kalian, harus lah pilih solar panel yang berkualitas dan memiliki tingkat efisiensi yang tinggi sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bagi kalian yang belum mengetahui jenis dan harga solar panel terbaru, maka dibawah ini telah saya siapkan daftar harga solar panel yang sudah cukup populer dan banyak digunakan oleh orang indonesia.

unsplash.com

Daftar Harga Panel Surya Berdasarkan Merek

Dibawah ini telah saya siapkan beberapa merek panel surya terkenal beserta hargannya, tentunya solar panel yang akan saya jelaskan ini merupakan jenis solar panel yang berkualitas serta sudah standar SNI.

1. Solar sel grade A 50 wp

Yang pertama adalah solar sel grade a 50 wp. Jenis solar ini mampu menampung daya listrik sebesar 50wp, sehingga sangat cocok untuk melakukan beberapa hal yang sederhana. Jika ingin membelinya kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp.560.000.

2. Solar land 50 wp monokristalin

Jenis solar panel yang satu ini mampu menampung daya listrik sebesar 12 volt yang cukup untuk melakukan berbagai macam kebutuhan. Untuk bisa mendapatkannya kalian perlu merogoh kocek sebesar Rp.685.000.

3. Panel sp0004 monokristalin

Panel ini mampu menampung daya listrik sebesar 5 watt dan jika kalian teratrik untuk membelinya, panel ini dibanderol dengan harga Rp.1640.000

4. PV module 300wp polikristalin

Panel solar ini memiliki daya tampung listrik sebesar 300 watt, cukup besar tentunya. Jika kalian ingin membelinya, kalian bisa membelinya dengan harga Rp.3.000.000.

unsplash.com

5. Sharp

Jika kalian menginginkan solar panel berkapasitas sedang, maka kalian bisa menggunakan sharp. Solar panel ini memiliki kapasitas daya tampung listrik sebesar 300 watt, dengan kapasitas tersebut kalian bisa membelinya dengan harga Rp.4.200.000

6. Hybird charge controller

Solar panel ini memiliki daya tampung sebesar 1300 watt, dengan daya tampung sebesar itu kalian bisa menggunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Solar panel ini bisa kalian dapatkan dengan seharga Rp.13.000.000

7. Pure sine wave 200wp inverter

Jenis harga solar panel berdasarkan merek ini adalah pure sine wave 200wp inverter. Jenis solar ini memiliki daya tampung sebesar 1000watt, dengan besar daya tampung sebesar tersebut kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp.8.220.000.

8. Solar panel 80 watt polycristaline

Jenis solar panel ini merupakan jenis panel surya yang memiliki kapasitas sebesar 80 watt dengan power sebesar 12 volt. Panel ini bisa kalian dapatkan dengan harga Rp.1.290.000

unsplash.com

9. Solar panel 80 watt monnocrystaline

Jenis solar panel yang satu ini memiliki sedikit kemiriapan denan solar panel 80 watt polycristaline. Bedanya hannya pada ukuran dimensi dan berat saja. Solar panel ini bisa kalian peroleh seharga Rp.1.600.000

10. Solar panel 100 watt polycristaline

Jenis solar panel yang akan saya bahas terakhir ini memiliki daya tampung sebesar 100 watt dengan power 12 volt. Tentu saja cukup besar, jika kalian ingin memilikinya kalian bisa membelinya seharga Rp.1.600.000

Nah demikianlah tadi informasi mengenai daftar harga panel surya yang ada di Indonesia. Harga tersebut merupakan harga yang tidak baku jadi bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari pihak produksi panel tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.