November 29, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Caranya Memindahkan File Dari Google Drive Ke Komputer

3 min read

Kebiasaan menyimpan file ukuran besar di Google Drive membuat kapasitasnya penuh. Penggunanya tentu tidak bisa menggunakannya kembali. Untuk mengakalinya, Anda perlu mengosongkan ruang tersebut dengan mengambil file. Lantas, bagaimana cara memindahkan file dari google drive ke komputer tersebut?

Faktanya, caranya sangat sederhana. Pengguna hanya perlu memiliki akses masuk ke dalam Google Drive. Setelah itu, penggunanya cukup mengunduhnya dengan bantuan jaringan internet.

Meskipun caranya begitu sederhana, sebagian orang belum bisa melakukannya. Oleh karenanya, kami akan membagikan trik memindahkannya sebagaimana yang dijelaskan lebih lengkap dalam situs https://www.charis.id.

Sekilas Mengenai Google Drive

Google Drive merupakan salah satu produk Google. Layanan ini diberikan secara gratis untuk setiap pengguna produk. Fungsinya untuk menyimpan hasil pekerjaan. Baik itu berupa lembar kerja, audio, video, gambar dan lain sebagainya.

Setiap pengguna diberikan kapasitas penyimpanan sekitar 15 GB. Ini merupakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Secara, pengguna tidak perlu melakukan pembelian untuk mendapatkannya.

Tetapi jika seseorang ingin meningkatkan kapasitasnya, pengguna bisa melakukan pembelian. Dengan melakukan pembelian, kapasitasnya jauh lebih besar sehingga pengguna bisa menyimpan lebih banyak file ke dalamnya.

File ini bisa Anda buat sendiri secara langsung. File yang bisa dibuat ialah Google Docs, Google Slide dan Google Sheets. File ini bisa Anda perbarui setiap waktu.

Kelebihan dari produk ini tidak lain untuk meminimalkan kehilangan data. Contohnya bila file tersebut terhapus di komputer, Anda masih bisa mengambilnya kembali dari G-Drive.

Cara Menyimpan File di Google Drive

File apapun bisa Anda simpan di Google Drive. Sebelum melakukan penyimpanan, hal pertama yang perlu dipersiapkan ialah mempersiapkan akun Gmail. Daftar terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan sejumlah layanan dari Google.

Setelah memilikinya, Anda perlu masuk ke halaman Google Drive. Masuk dengan memanfaatkan username dan password Gmail. Jika Anda mengetiknya dengan benar, Anda akan masuk ke Dashboard utamanya.

Untuk melakukan penyimpanan, Anda cukup upload file dari komputer. Caranya dengan menekan menu New pada dashboard. Lantas, pilih menu file upload.

Pada saat ini, Anda diminta untuk memilih file mana yang akan diunggah. Temukan terlebih dahulu file yang tersimpan dalam komputer, lantas klik file serta tekan tombol Open atau enter.

Tunggu beberapa detik, file akan diunggah. File sudah tersimpan dalam Google Drive. Di sini, Anda yang bisa membuka file tersebut.

Apabila Anda ingin membagikannya dengan orang lain, Anda cukup gunakan menu berbagi dengan pengguna lain. Caranya dengan menyorot file yang tersimpan, klik kanan dan pilih share.

Setelah itu, masukkan nama email dari pengguna lain. Praktis, pengguna lain akan menerima sebuah pesan yang mana menjelaskan bahwa pengguna tersebut memiliki akses sama pada file tersebut. Misalnya untuk membacanya hingga mengunduhnya.

Cara Memindahkan File Google Drive ke Komputer

Ada beberapa alasan kenapa Anda perlu memindahkan file G-Drive ke komputer. Alasan utamanya ialah ruang penyimpanan telah penuh. Kemudian, Anda membutuhkan file tersebut untuk dimanfaatkan secara offline.

Beruntung sekali, cara memindahkan file dari google drive ke komputer ini nyatanya sangat mudah. Anda cukup masuk ke akun Goggle Drive.

Setelah itu, pilih file yang akan dipindahkan. Setelah menemukannya, klik kanan pada file tersebut. Muncullah beberapa menu utama. Anda hanya perlu menekan menu download.

Proses pengunduhan segera berjalan sesuai dengan kecepatan internet dan besarnya file. File yang terunduh akan tersimpan dalam komputer. Anda tinggal memeriksanya dan memindahkan ke berbagai tempat.

Contohnya ialah memindahkan ke Flashdisk, Card Reader, atau ke tempat penyimpanan lainnya. Tujuannya supaya file ini tidak hilang kembali.

Sementara untuk file Google Drive, Anda bisa memilih apakah perlu melakukan penghapusan atau tidak. Jika memang kapasitas telah penuh dan Anda perlu menyimpan sejumlah file baru, Anda bisa menghapusnya.

Cara menghapusnya cukup dengan menyorot file dalam akun. Kemudian, klik kanan dan pilih menu remove. Hasilnya, file tersebut akan terhapus sebagaimana yang diharapkan.

Tetapi bila Anda masih perlu menyimpan file tersebut, baiknya Anda tidak menghapusnya. Melainkan, Anda perlu membeli produknya. Dengan membeli, kapasitas Google Drive akan meningkat sehingga Anda bisa menyimpan file lebih banyak lagi.

Kesimpulannya, cara memindahkan file dari google drive ke komputer ini sangat simpel. Cukup sorot file utamanya, klik kanan untuk menemukan menu download. Pengunduhan akan berlangsung ketika Anda memiliki akses internet yang kuat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.