February 24, 2021

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Informasi tentang Cara Menarik Pesan di Messenger dan Fitur Lain dari Facebook Messenger

4 min read

cara menarik pesan di messenger

Facebook Messenger merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Facebook. Facebook kini memisahkan fitur pengiriman pesan dengan fitur utamanya yang digunakan untuk melihat post dan konten yang dibuat oleh pengguna lainnya. Ini tentu bukannya tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah untuk efisiensi dari aplikasi itu sendiri. Dengan semakin banyaknya fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh menu pengiriman pesan personal ini, tentu akan dirasa jauh lebih mudah dan jauh lebih efektif bila fungsinya dipisahkan. Hal ini karena terkadang orang hanya fokus pada komunikasi via pesan personal saja, dan tidak tertarik untuk melihat konten atau post yang dibuat oleh teman dan orang lain yang diikuti. Oleh karena itu, kehadiran Facebook Messenger bisa dirasa lebih efektif. Dalam hal ini, fitur memang sudah cukup banyak, dan salah satunya adalah untuk menarik atau menghapus pesan. Untuk cara menarik pesan di messenger, ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan sangat cepat tanpa harus menggunakan berbagai tahapan.

Proses dan Cara Menarik Pesan Di Messenger

Dalam banyak kesempatan, terkadang orang salah mengirimkan pesan. Kesalahan ini bisa beragam. Yang paling sering adalah kesalahan dalam bentuk typo atau salah ketik pesan. Untuk teman dekat, tentu kesalahan tulis tidaklah menjadi masalah dan umumnya pesan tetap masih bisa dipahami. Namun, ketika itu dalam konteks serius atau dengan orang yang dianggap lebih dewasa atau orang yang dihormati, kesalahan penulisan pesan tentu menjadi suatu masalah tersendiri. Setidaknya, ada rasa malu dan rasa sungkan ketika ternyata pesan yang salah ketik tersebut dibaca. Belum lagi ketika ternyata pesan tersebut menjadi sulit dipahami dan menyebabkan kesalahpahaman.

Salah satu masalah lain yang bisa terjadi adalah salah kirim pesan. Ketika ternyata ada beberapa pesan yang masuk bersamaan dan pesan tersebut dibalas secara terburu-buru, kesalahan pengiriman pesan bisa saja terjadi. Pesan yang seharusnya dikirimkan ke A bisa saja justru terkirim ke B. Ketika ini bukanlah sesuatu yang penting, tentu ini tidak masalah. Nantinya, pengguna cukup meminta maaf saja karena telah salah mengirimkan pesan. Hal ini menjadi masalah ketika ternyata itu adalah pesan penting yang seharusnya tidak dibaca orang lain atau justru suatu pesan yang isinya menyinggung pihak lain. Hal seperti ini tentu akan sangat merepotkan, dan adanya fitur menarik atau menghapus pesan adalah hal yang sangat berguna.

Facebook Messenger sangat paham tentang hal ini. Para pengembang di balik aplikasi ini sudah sangat tahu bahwa hal seperti itu sering terjadi, dan fitur penghapus atau penarikan pesan harus ditambahkan untuk mengantisipasi adanya miskomunikasi karena salah kirim pesan. Dalam hal ini, cara menarik pesan di messenger sangatlah sederhana dan mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu menekan beberapa detik saja pesan yang baru saja dikirimkan. Setelah itu, pesan bisa segera dihapus. Prosesnya sangat cepat dan ini tidak memerlukan beragam akses di bagian pengaturan dan lain sebagainya. Dengan ini, pesan bisa segera dihapus dan ditarik secara instan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pesan yang bisa ditarik dan dihapus tersebut hanyalah pesan baru yang belum melewati sepuluh menit sejak waktu pengiriman. Ketika itu adalah pesan lama, tentu ini tidak bisa dihapus atau dibatalkan. Karena itulah, pesan yang salah kirim atau salah ketik tersebut harus segera dihapus atau ditarik. Kedua, pihak penerima akan mendapatkan keterangan bahwa ada pesan yang baru saja dihapus. Walau ini menjadikan kondisi kurang nyaman ketika terjadi salah kirim pesan, setidaknya ini adalah cara Facebook untuk tetap menjaga kredibilitas antar pengguna.

Fitur Lain yang Disediakan Facebook Messenger

Ada banyak fitur baru yang dihadirkan oleh Facebook Messenger untuk para penggunanya. Fitur ini akan membuat pengguna lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi pengiriman pesan ini. Dalam hal ini, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengubah tampilan aplikasi dengan fitur Dark Mode. Beberapa waktu belakangan ini, Dark Mode menjadi salah satu fitur yang diadakan di banyak sekali aplikasi. Ini bukan sekedar untuk mengubah tampilan agar terlihat keren atau berbeda saja, tapi ini bisa sangat berguna utnuk meningkatkan kenyamanan dalam membuka dan mengakses aplikasi, khususnya ketika di siang hari atau di bawah cahaya yang cukup terang. Dengan dark mode ini, isi pesan pun bisa terlihat dengan lebih jelas.

Fitur lainnya adalah akses untuk panggilan video dan panggilan suara. Private Message dalam Facebook sudah tidak lagi sekedar untuk megirimkan pesan teks dan juga berbagai konten media. Sekarang, ini sudah menjelma menyerupai aplikasi komunikasi lainnya yang mana pengguna bisa mengakses dan melakukan voice call ataupun video call. Ini tentu sangat berguna. Dengan ini, aplikasi memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan bisa semakin bersaing dengan aplikasi lainnya. Ini pula yang menjadi alasan mengapa kemudian Facebook pun memisahkan fitur pengiriman pesan dan mengembangkan Facebook Messenger. Dengan fitur ini semua beserta cara menarik pesan di messenger, pengiriman pesan menjadi jauh lebih nyaman. Untuk informasi yang lebih menarik lainnya, Kang Sandi bisa diakses untuk memperluas wawasan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.