December 7, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Cara Memilih Pisang Cavendish yang Matang

2 min read

pixabay.com

Buah pisang memang masih menjadi idaman. Selain mudah didapat, buah ini juga dapat dijadikan berbagai olahan makanan. Sebut saja pisang goreng, pisang crispy, hingga sale pisang dan lainnya. Rasa manisnya juga sering menggugah selera. Salah satu pisang yang banyak dikonsumsi adalah pisang Cavendish.

Meski pisang ini cukup mahal, namun membelinya juga butuh ketelitian. Tidak serta merta pisang yang dijual di supermarket itu semua sesuai selera kita. Nah, dilansir dari Covesia.com, berikut ini adalah cara memilih pisang yang benar. Mari disimak ulasannya!

  1. Kulit Pisang Berwarna Kuning Cerah

Salah satu ciri utama kematangan pisang adalah warna kulitnya. Pilihlah pisang yang berwarna kuning cerah dan merata. Jangan pilih pisang yang warnanya hanya kuning di satu tempat atau pisang yang kuningnya gelap. Pasalnya, warna ini menandakan pisang terlalu matang dan nantinya jika tidak segera dikonsumsi dapat lembek. Nah, salah satu ciri pisang yang baik dikonsumsi tingkat kematangannya adalah yang berwarna kuning cerah seperti yang sudah dijelaskan. Selain itu, jika warnanya masih kuning dengan sedikit hijau di permukaan atau pinggirannya, maka pisang belum matang dan belum siap konsumsi. Harap diperhatikan ya guys.

  1. Jangan Pilih Pisang yang Banyak Sugar Spot

Memilih pisang yang memiliki sugar spot atau bintik cokelat pada kulitnya memang disarankan, namun jangan pilih yang bintiknya terlalu banyak. Sugar spot menandakan pisang sudah matang dan manis rasanya. Namun jika sugar spotnya banyak, maka artinya pisang terlalu matang dan segera busuk. Jadi, pilihlah pisang yang memiliki beberapa sugar spot dan menyebar rata.

  1. Siku Pisang Sudah Membulat

Pisang dengan siku-siku di seluruh bagian menandakan jika buah ini belum matang. Apabila buah ini sudah membulat, maka sudah bisa dikatakan matang. Cara termudah melihatnya adalah dengan melihat bagian bawah pisang.

  1. Lihat Permukaan Kulitnya

Pisang yang matang akan memiliki permukaan kulit yang terlihat halus, lembut, dan tidak kesat. Namun apabila permukaannya terlihat kesat, kasar, dan bergetah, maka bisa dikatakan jika pisang belum matang. Lalu jika permukaannya lembek, maka pisang sudah sangat tua alias tidak layak konsumsi.

Demikian ulasan tentang cara memilih pisang Cavendish yang matang. Semoga bermanfaat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.