December 7, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Cara Membuat Artikel Singkat

3 min read

Artikel singkat umumnya mengandung ide atau gagasan, opini, dan fakta yang diungkapkan oleh seseorang. Secara umum, artikel memiliki pengertian sebagai suatu karya tulis yang di dalamnya membahas tentang suatu topik atau tema tertentu. Media yang digunakan untuk mempublikasikan sebuah artikel bisa melalui koran, majalah, blog, media sosial dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang termasuk orang yang kreatif, mengetahui cara menyiapkan pesat, cara berlibur dengan budget terbatas atau pun mengetahui cara-cara yang umumnya tidak diketahui oleh banyak orang. Tentunya Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat sebuah tulisan atau artikel.

Jika Anda pernah mencoba menuliskan resep makanan atau pun menulis tutorial membuat sesuatu dengan mudah atau DIY (Do It Yourself). Hal ini menunjukkan bahwa Anda termasuk orang yang memiliki struktur penulisan yang baik. Anda dapat memberitahukan kepada pembaca tentang tulisan Anda melalui blog, artikel atau penyedia jasa penulis artikel yang membantu mempublish tulisan Anda.

Dengan kemampuan menulis dan struktur serta tata bahasa yang Anda miliki dapat membantu pembaca untuk mengetahui hal-hal yang baru atau mengetahui cara untuk membuat hal yang baru dalam waktu yang singkat. Jika sudah memiliki kemampuan ini, lalu bagaimanakah cara membuat artikel yang baik dan benar?

Menentukan Tema

pixabay.com

Hal pertama yang akan dipikirkan atau diajukan oleh seorang penulis adalah apa yang akan ditulis atau tema apa yang akan dibahas dalam sebuah tulisan? Untuk mempermudah dalam membuat artikel, Anda dapat membuat mind map yang bisa digunakan untuk mengetahui sususan suatu tema atau tulisan yang akan dibahas.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat sebuah artikel, mulai dari pemilihan topik hingga kebutuhan revisi. Bagi Anda yang kesulitan dalam memilih topik apa yang akan dibahas, tidak ada salahnya mencari referensi di internet. Ada banyak sekali artikel-artikel yang berterbaran di internet. Pilihlah satu topik yang menurut Anda menarik.

Selain itu, Anda dapat memilih topik yang menurut Anda materinya telah Anda kuasai. Jika menurut Anda itu adalah hal yang tidak Anda pahami, sebaiknya jangan membahas hal tersebut dalam artikel. Anda dapat berkreasi dengn judul yang unik dan menarik tentunya yang mampu untuk menarik minat dan rasa penasaran pembaca untuk membaca artikel Anda.

Membuat Draft

pixabay.com

Setelah menemukan judul yang sesuai, Anda dapat membuat draft kasar tentang poin-poin apa yang akan Anda bahas selanjutnya dalam artikel. Tetap santai dan nikmati proses bagaimana Anda menulis untuk berbagi dan menuangkan ide-ide kreatif Anda. Jumlah kata atau panjang pendeknya artikel disesuaikan dengan kebutuhan topik yang Anda angkat.

Untuk mendapatkan kalimat yang atau struktur kata yang enak dibaca, posisikan diri Anda sebagai seorang pembaca. Setelah itu, Anda bayangkan 3 kata yang tentang kriteria target pembaca, misalnnya wanita menikah, profesional, wanita lajang dan lain sebagainya. Anda juga dapat menyesuaikan tema atau topik pembahasan dengan target pembaca Anda.

Jika target pembaca Anda adalah anak-anak, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak, jangan menggunakan bahasa ilmiah yang rumit. Jika target Anda adalah anak muda, sebaiknya buatlah artikel yang tidak terlalu panjang. Biasanya anak muda tidak terlalu suka membaca artikel yang terlalu panjang.

Seorang penulis harus bisa menjaga pembacanya. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang penulis. Untuk itu Anda perlu memperketat draft Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk merevisi tulisan Anda. Buka kembali draft tulisan Anda sebelumnya untuk mempertahankan gaya bahasa dan pembahasan yang sesuai dengan target pembaca.

Gaya Penulisan

Jika menurut Anda masih ada hal yang masih kurang atau perlu ditambahkan, Anda dapat menggali teknik penulisan yang baik dengan mencari referensi dari berbagai sumber. Selain itu, Anda juga bisa melihat gaya penulisan favorit Anda atau membaca artikel yang menurut Anda memiliki gaya bahasa yang enak dan nyaman untuk dibaca.

Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk meninggalkan kesan atau hal yang baru bagi para pembaca. Untuk itu, dalam membuat artikel dibutuhkan sususan yang relevan dan terlihat menyeluruh. Tulisan atau artikel yang terlalu panjang dengan pembahasan yang melebar kemana-mana akan membuat tujuan awal sulit dicapai.

Tips untuk Anda yang ingin fokus membahas satu tema, Anda dapat membuat sub judul atau tambahkan pembahasan dengan menggunakan poin-poin. Cara ini merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan tulisan yang fokus untuk membahas suatu tema atau topik yang rumit. Selain itu, judul juga merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menulis artikel.

Penegasan judul merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting. Anda dapat membuat tulisan dengan judul yang unk dan menerik namun tetap sesuai dengan isi dari artikel. Itulah cara membuat artikel singkat yang bisa Anda coba.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.