September 21, 2021

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Beberapa Cara untuk Deteksi Dini Kehamilan Kosong

2 min read

deteksi dini kehamilan kosong

Kehamilan adalah sesuatu yang tentu sangat dinantikan. Ketika pasangan suami istri mendapatkan kabar kehamilan, tentu saja ini menjadi suatu kabar gembira. Namun, terkadang kabar gembira tidak bisa bertahan lama, dan ini pun bisa terjadi pada kehamilan. Salah satu yang bisa terjadi adalah kehamilan kosong. Kehamilan kosong sebenarnya bukanlah suatu fenomena yang sepenuhnya asing. Seorang ibu yang hamil bahkan kadang harus siap dengan kenyataan ini. Hamil kosong ini terjadi ketika sel telur ternyata tidak bisa terbuahi secara sempurna dan akhirnya embrio tidak bisa berkembang. Karena hal ini, kehamilan pun bisa dibilang gagal.

Kehamilan kosong memunculkan tanda-tanda seperti halnya hamil pada umumnya. Hal ini terjadi karena pada dasarnya pembuahan sel telur telah terjadi, tetapi embrio tidak bisa berkembang dan akhirnya gugur. Umumnya, hal ini akan memicu pendarahan hebat, dan ini bisa menyebabkan kondisi serius. Oleh karena itu, ada baiknya bila seorang ibu yang sedang megandung pun tahu cara mendeteksi dini kehamilan kosong ini. Salah satu caranya adalah dengan melihat tanda-tanda kehamilan. Ibu yang hamil tentu akan mengalami pembesaran rahim dan area perut. Namun, ini bukanlah satu-satunya tanda karena di dalamnya harus ada pula kontraksi. Di kasus hamil kosong, pembesaran rahim terjadi tapi kontraksi tidak terjadi karena tidak adanya janin. Dengan melihat ada tidaknya kontraksi, ini bisa menjadi cara deteksi dini.

Lalu, seorang ibu yang hamil akan sering mengalami nyeri di area payudara. Rasa nyeri ini akan muncul dan intensitasnya bisa lebih tinggi seiring semakin bertambahnya usia kehamilan. Namun bila rasa nyeri yang muncul di awal kehamilan justru tiba-tiba menghilang dan tidak dirasakan lagi, bisa jadi ini adalah pertanda hamil kosong. Selain rasa nyeri, ada pula rasa mual dan muntah yang dialami atau biasa disebut morning sickness. Ini sangat umum terjadi pada ibu hamil, dan ini bisa juga menjadi cara deteksi dini hamil kosong. Ketika ternyata mual dan muntah tidak terjadi lagi, ini bisa menjadi indikasi hamil kosong. Ketika tanda-tanda tersebut dirasakan, ada baiknya bila USG dilakukan. Walau barangkali ini bisa menjadi berita yang kurang menyenangkan, setidaknya tindakan medis bisa diambil agar kondisi tidak semakin parah.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.