November 29, 2020

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Bahaya Anak Jatuh Kepala Belakang Terbentur

2 min read

 

Tingkah laku anak yang kadang sulit terkontrol biasanya menyebabkan kepala anak terbentur. Usia anak-anak memang menyebabkan rasa keingintahuan mereka tinggi, sehingga banyak mengeksplorasi lingkungan.

Tetapi terkadang keseimbangan pada anak yang belum sempurna menjadikan anak mudah terjatuh yang menyebabkan kepala terbentur.

Bahaya Anak Jatuh Kepala Belakang Terbentur

Apabila anak terjatuh dan kepalanya terbentur perhatikanlah kondisi anak apakah sadar atau pingsan. Apakah ia mengalami kesadaran dalam berbicara ataukah bicaranya tidak jelas dan melantur.

Apabila setelah kepala anak terbentur dan bicaranya tidak jelas melantur maka segeralah bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Karena kemungkinan benturan berdampak pada otaknya.

Namun apabila setelah anak terbentur tetapi anak masih sadar untuk diajak bicara maka kemungkinan hanya kepala bagian luarnya saja yang terluka. Apabila kepala anak terluka di bagian luarnya maka cukup diobati agar tidak terjadi infeksi.

Cara membersihkan luka pada bagian luar kepala adalah basuh luka dengan air mengalir, lalu tekan  lembut menggunakan kasa steril pada bagian kepala yang terluka. Apabila luka di kepalanya tidak juga membaik maka hubungi dokter.

Cara Mengatasi Anak Terjatuh Kepala Belakang Terbentur

Jika pada bagian kepala anak setelah terjadi benturan tidak terdapat luka,maka orang tua perlu melakukan hal-hal berikut ini :

Berikan kompres dingin

Mengapa air dingin? Karena air dingin bisa mengurangi bengkak dan nyeri pada bagian kepala yang terbentur. Ambil air es dan gunakan handuk bersih untuk mengompres kepala anak. Kompres menggunakan handuk selama 20 menit.  Ulangi setiap 3-4 jam sekali.

Oh ya jangan mengompres langsung es batu pada bagian kepala langsung,ini dikarenakan es batu akan merusak jaringan kulit.

Biarkan anak beristirahat

Ketika anak selesai di kompres dan dibersihkan maka biarkan anak untuk beristirahat dengan tenang di kamar.

Berikan obat-obatan

Untuk meredakan nyeri pada anak,berikan obat-obatan seperti paracetamol. Berikan sesuai dosis yang dianjurkan.

Pantau selama 24 jam kedepan

Awasi anak selama  24 jam kedepan,jika anak terlihat biasa saja dan bermain maka bisa dikatakan anak tidak mengalami masalah yang berarti.

Tetapi jika anak mengalami muntah-muntah maka bisa langsung diperiksakan ke dokter.

 

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.