January 18, 2021

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Android Nougat

3 min read

pixabay.com

Smartphone kini seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Setiap hari, menit, bahkan detik dari setiap aktivitas sebagian besar masyarakat pasti digunakan untuk melihat smartphone. Istilah smartphone juga tak bisa dilepaskan dua sistem operasi yang paling populer, yaitu iOS yang diluncurkan oleh Apple dan Android yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi raksasa, Google.

Perbedaan yang paling signifikan antara kedua sistem operasi ini ada pada prinsip keterbukaan antara keduanya. Apple bisa dikatakan lebih eksklusif dibandingkan dengan Android. Apple lebih memilih menciptakan iOS secara independen dan eksklusif, sementara Android terbuka untuk berbagai vendor yang ingin melakukan kerjasama dengan mereka.

Prinsip yang dipegang Android ternyata menjadikannya sangat populer hingga saat ini. Perjalanannya pun sudah cukup panjang dalam industri teknologi. Android kini sudah memasuki generasi ke delapan dalam kurun waktu 12 tahun. Mulai dari Android 1.0 Alpha, Android 1.1 Beta, Android 1.5 Cupcake, Android 1.6 Donut, Android 2.0-2.1 Éclair, hingga Android 7.0-7.1.2 Nougat, serta yang teranyar Android 8.0 Oreo.

Namun demikian, masih banyak masyarakat yang hingga kini belum melakukan upgrade OS pada sistem teranyar. Dengan kata lain, masih banyak yang menggunakan smartphone Android keluaran 2017 dengan OS Android Nougat yang merupakan Android generasi ke-7. Untuk itu, kali ini kami akan mengulas tentang kelebihan serta kekurangan OS Android 7.0 yang tentunya perlu Anda ketahui. Mari simak.

Kelebihan dan Kekurangan Android Nougat

Berbagai media teknologi telah banyak menyebutkan, bahwa Android 7.0 Nougat ini merupakan salah satu yang revolusioner dalam platform Android dan banyak sekali mendapatkan review positif. Maka tak heran, hingga kini masih banyak sekali yang menggunakan Android pada generasi ini. Memang apa sih kelebihannya? Adakah kekurangannya? Pertama, kita akan mulai dari kelebihan Android 7.0, di antaranya:

  1. Tampilan Notifikasi

Aspek ini merupakan salah satu kelebihan dan alasan mengapa Android 7.0 Nougat disebut membawa perubahan yang revolusioner. Pasalnya, sebelum Nougat, notifikasi Android selalu bertumpuk. Kemudian, pada versi Android 7.0 inilah notifikasi dikelompokkan berdasarkan aplikasinya. Misalnya, notifikasi Facebook bersama Facebook, notifikasi WhatsApp bersama WhatsApp, dan sebagainya.

pixabay.com
  1. Split Screen

Kelebihan lainnya adalah kemampuannya melakukan Split Screen yang membuat penggunanya bisa melihat dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Fitur ini sebelumnya sudah lebih dulu dimiliki oleh iPhone 6 dan baru diusung pada OS Android 7.0. Dengan begitu, para penggunanya bisa lebih produktif lagi dalam mengerjakan berbagai aktivitas yang dilakukan pada smartphone miliknya.

  1. Data Saver

Data saver merupakan sebuah fitur penghematan data yang juga menjadi salah satu kelebihan Android 7.0 Nougat. Sebetulnya fitur ini secara eksklusif milik Google Chrome, namun pada Nougat diperkenalkan untuk semua browser. Dengan adanya fitur ini pada Android 7.0 Nougat, tentu para penggunanya bisa menghemat data hingga 45% banyaknya dengan cara kompresi laman hingga KB.

  1. Night Mode

Fitur night mode tentu menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta kegelalapan. Fitur ini memungkinkan warna background pada layar menjadi gelap dan otomatis bisa mengurangi cahaya biru yang memiliki radiasi besar. Sejak kemunculannya pada Android 7.0 Nougat, fitur ini menjadi kelebihan, karena fitur ini belum dikembangkan pada Android versi sebelum-sebelumnya.

pixabay.com
  1. Tampilan Keyboard

Hanya pada Android 7.0 Nougat, keyboard default dari Google akan memiliki tampilan yang berbeda, meski perbedaan ini sebetulnya tidak terlalu mencolok. Namun, keyboard pada versi Andoid 7.0 akan menjadi lebih sederhana dan lebih cerah latarnya, sehingga akan menampilkan look yang lebih menarik. Selain itu, emojinya pun memiliki bentuk-bentuk yang terbaru dan berbeda.

Ada kelebihan, tentu juga ada kekurangannya. Beberapa kekurangan yang dimiliki Android 7.0 Nougat adalah pertama, tidak bisa melakukn downgrade secara resmi ke versi Android sebelumnya. Kedua, banya user yang mengalami masalah pada gawainya yang lebih boros setelah di upgrade ke Android Nougat. Ketiga, masih eksklusif terhadap gawai tertentu, meski ini bukan semata kesalahan Android versi 7.0 ini.

Kekurangan lainnya yang sebetulnya bisa dinilai secara relatif adalah masalah harga. Banyak yang mengatakan Android 7.0 Nougat dibanderol harga yang lebih mahal dari versi sebelumnya. Namun, hal ii sebetulnya wajar, mengingat adanya peningkatan fitur. Sebagai user, tentu harga menjadi salah satu faktor mereka cenderung menahan diri untuk upgrade ke Nougat.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari Android versi 7.0 Nougat yang perlu juga Anda ketahui. Tentu saja, ini bisa dijadikan pedoman Anda dalma memilih Android ketika ingin membelinya. Anda bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai OS Android dengan mengunjungi situs apkpure yang juga merupakan alternatif dari Play Store untuk unduh aplikasi. Kunjungi apkpure sekarang!

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.