July 5, 2022

EC

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Sudah Tau Penyebab Alarm Mobil Berbunyi Sendiri ? Cek Disini

4 min read

pexels.com

Sebagai pemilik mobil, akan kesal ketika alarm mobil berbunyi sendiri. Tidak ditemukan penyebab alarm tersebut berbunyi, semakin meningkatkan rasa kesal dalam diri. Ketika peristiwa tersebut terjadi, anda diharuskan untuk mondar mandir menuju mobil untuk mematikan kembali alarm tersebut. Tidak hanya anda yang merasa kesal, mungkin tetangga anda yang mendengarnya pun ikut jengkel dibuatnya. Ingin mengetahui alasan alarm berbunyi ? Cek disini.

Pertanyaan Besar Ketika Alarm Kendaraan Berbunyi Dengan Sendirinya

pexels.com

Alarm menjadi fitur canggih yang biasa disematkan ke dalam kendaraan pribadi. Fungsi dari alarm tersebut, agar pemilik kendaraan dapat mencegah tindakan kriminal pada kendaraan pribadinya. Apabila alarm berbunyi, tentu saja pemilk akan merespon cepat ketika mendengar suara tersebut. Namun bagaimana jadinya bila, kondisi mobil aman tanpa ada yang berniat mengambil kendaraan anda secara paksa ? Sungguh membingungkan bukan.

Setelah melewati kondisi tersebut, anda pasti masih memikirkan apa penyebab alarm berbunyi dengan sendirinya. Apabila rasa penasaran sudah pada puncaknya, ada kemungkinan pemilik mobil untuk memeriksa setiap bagian tubuh mobil. Bahkan setelah pemeriksaan tersebut, mungkin anda masih bertanya tanya besar lantaran belum menemukan jawabannya. Lantas, apa penyebab alarm tersebut berbunyi ?

Berbagai Penyebab Alarm Berbunyi

Jangan panik dan mudah berprasangka yang bukan bukan terlebih dahulu, lantaran alarm kendaraan pasti memiliki penyebabnya. Hanya saja faktor alarm mobil berbunyi sendiri, tidak pernah disangka sebelumnya. Ketika anda mengetahui faktor penyebabnya, anda tidak akan kebingungan kembali ketika mengalami kondisi tersebut.

Berdasarkan rilis dari https://www.harapanrakyat.com/, alarm yang terus berbunyi bisa saja berasal dari kepekaan modul alarm yang sangat tinggi. Ketika tingkat kepekaan terlalu tinggi, alarm akan berbunyi dengan sendirinya. Kondisi tersebut terjadi, lantaran modul alarm telah menangkan adanya getaran yang bersumber dari lingkungan sekitar mobil. Getaran yang mungkin ditangkapnya, berupa suara ataupun berasal dari kendaraan lain yang melintasi si kendaraan.

Kepekaan tinggi yang dimiliki, membuat getaran sekecil apapun akan membuatnya bereaksi. Ketika kondisi tersebut ternjadi, otomatis modul akan mengirimkan sinyal lewat alarm tersebut. Pada saat itulah, alarm akan berbunyi walaupun tidak ada yang menyentuh atau membuka pintunya secara paksa. Dengan begitu, pemillik kendaraan tidak perlu khawatir terhadap kondisi tersebut.

Tingkat kepekaan tinggi pada sensor pintunya, juga dapat menjadi penyebab alarm mobil berbunyi sendiri. Kondisi tersebut terjadi, lantaran pintu kendaraan dibuka tanpa menggunakan remote control. Sedangkan remote control sendiri, terhubung dengan beberapa bagian mobil pribadi. Bagian mobil yang masuk dalam koneksi remote control meliputi bagasi switch pintu mobil, dan kap mesin.

Ketika kondisi ini terjadi, pemilik tidak perlu khawatir. Tinggal menekan tombol off pada remote control, alarm akan berhenti dengan sendirinya. Namun disayangkan, tidak semua fitur alarm tersebut  ada di setiap kendaraan. Ketika kendaraan tidak memiliki fitur canggih tersebut, anda harus melakukan cara lain untuk mematikan alarm tersebut. Cobalah untuk mencopot bagian sekring alarm, ataupun melepaskan akinya.

Dari sekian banyaknya penyebab alarm berbunyi, pintu kendaraan yang terbuka bisa menjadi faktor penyebabnya. Ketika pintu kendaraan tidak tertutup sempurna, sensor alarm mendeteksinya dengan cepat. Pada kondisi tersebut, tidak mengherankan bila alarm mobil berbunyi sendiri. Cobalah memeriksa semua pintu kendaraan, apakah ada pintu yang belum menutup sempurna.

Selain memeriksa bagian pintu, pemilik kendaraan juga disarankan untuk memposisikan bagian switch lampu plafon ke dalam posisi door mobil. Dengan fitur posisi door, memudahkan anda untuk menemukan pintu yang belum tertutup rapat. Ketika ada satu saja pintu yang tidak tertutup rapat,  lampu plafon akan terus menyala dan begitu pula sebaliknya. Lampu plafon akan mati, apabila semua pintu sudah tertutup rapat.

Langkah pengecekan pintu tertutup sempurna, dapat dilakukan dengan cara sederhana. Pastikan switch ditempkan pada posisi door, dan tutuplah semua pintu kendaraan. Perhatian secara seksama, apakah lampu kabin kendaraan menyala atau tidak. Ketika lampu menyala, silahkan periksa kembali pintu kendaraan satu per satu. Apabila pintu yang bermasalah telah ditutup rapat, otomatis alarm akan berhenti berbunyi.

Alarm mobil berbunyi sendiri, bisa menjadi tanda bia adanya kerusakan pada komponen kendaraan. Salah satu penyebabnya, mungkin saja berasal dari baterai central lock yang sudah habis. ketika baterai tersebut sudah mulai habis, pemilik kendaraan harus membuka pintu mobilnya secara manual. Walaupun sedikit memakan waktu, bukan berarti kendaraan mengalami kerusakan.

Anda sudah mengetahui bila, faktor penyebab alarm terus berbunyi berasal dari baterai central lock nya yang habis. Setelah melakukan penanganan, alarm kendaraan terus saja berkicau tiada henti. Ketika menghadapi kondisi ini, anda diperbolehkan sedikit panik. Sebab kondisi ini sudah tidak wajar, dan kendaraan harus ditangani oleh orang yang ahli di bidangnya. Silahkan bawa kendaraan pribadi menuju bengkel terdekat, untuk mendapatkan penanganan.

Adanya Kerusakan Pada Beberapa Komponen Kendaraan

pexels.com

Sensor kap yang rusak, bisa menjadi faktor alarm trus berbunyi dengan sendirinya. Namun kali ini, bunyi alarm yang dikeluarkannya sedikit berbeda. Sebab alarm kendaraan akan mengeluarkan bunyi sebanyak 3 kali, sebagai tanda sensor kap mesin mengalami kerusakan. untuk menghentikan alarmnya, silahkan membuka pada bagian kap depan yang berada di area mesin kendaraan. Tunggulan beberapa saat, dan tutuplah kembali seperti semula.

Setelah kap depan tertutup rapat, silahkan tekan tombol gembok yang ada di remot kendaraan. Pada umumnya, alarm akan berhenti mengeluarkan bunyi setelah tombol kunci tertekan. Apabila alarm masih saja berbunyi, cobalah untuk memeriksa sensor kap pintu mesinnya. Sensor kap tersebut, terletak di bagian bawah kap mesin kendaraan.

Pada sensor kap pintu mesin, dapat diatur naik dan turun. Ketika anda sudah mengaturnya sedemikian rupa, seharusnya alarm akan berhenti secara otomatis. Apabila alarm tak kunjung berhenti, kemungkinan ada kerusakan pada bagian sensor pintunya. Dalam kondisi tersebut, silahkan menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu, alarm dijamin tidak akan berbunyi lagi.

Pemilik kendaraan yangmalas merawat kendaraannya, menyebabkan kerusakan pada alarm. Ketika ada kerusakan pada komponen tersebut, alarm otomatis akan terus mengeluarkan bunyi secara terus menerus. Anda bisa memperbaiki alarm mobil berbunyi sendiri, dengan menggantinya dengan alarm baru. Pastikan menggunakan alarm berkualitas, agar tidak mudah rusak.

Dari banyaknya masalah kendaraan, alarm yang terus terusan berbunyi bisa menjadi momok yang menakutkan. Tidak hanya menggangu pemilik kendaraannya sendiri, suara kencang yang dihasilkan kendaraan membuat semua yang mendengarnya tampak jengkel. Agar alarm berhenti berbunyi, silahkan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.